Headline

Featured Posts

21 Maret 2009

Abstraksi tesis

ABSTRAKSI
Agus Maylantyas H., Pengelolaan Layanan Madrasah Aliyah Walisongo Pecangaan Jepara dalam Perspektif Total Quality Management (TQM). Tesis. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Pascasarjana 2006.

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan layanan Madrasah Aliyah Walisongo Pecangaan Jepara dan mengetahui strategi manajerial yang dilakukan madrasah untuk meningkatkan kualitas layanan jasa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis keadaan yang ada khususnya tentang pengelolaan layanan Madrasah Aliyah Walisongo Pecangaan Jepara dalam perspektif total quality management. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Walisongo Pecangaan Jepara dengan mengambil sumber data sebagai subyek penelitian yaitu terdiri dari dokumen-dokumen lembaga, serta orang-orang yang berada di lingkungan Madrasah Aliyah Walisongo Pecangaan, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala tata usaha, dan guru. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara kemudian setelah terkumpul data diklasifikasikan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi, teknik triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber, informasi yang diperoleh dibandingkan dengan data hasil pengamatan dari berbagai pihak, kemudian membandingkan apa yang dituturkan oleh informan sebelumnya.
Hasil penelitian ini yaitu pengelolaan layanan akademik pada Madrasah Aliyah Walisongo Pecangaan Jepara meliputi pengelolaan kurikulum, proses belajar mengajar, sistem evaluasi, pengelolaan guru, dan siswa. Kurikulum yang diterapkan lebih mengarah kepada pengembangan potensi akademik agar siswa siap melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Metode proses belajar mengajar yang dilakukan di MA Walisongo Pecangaan Jepara adalah tatap muka. Praktikum, dan tugas akademik. Untuk meningkatkan mutu layanan dan kinerja guru maupun karyawan serta prestasi siswa, pihak madrasah memberikan motivasi berupa penghargaan bagi yang berprestasi. Untuk mengoptimalkan layanan mutu di lingkungan Madrasah Aliyah Walisongo maka dibuat strategi manajemen dengan mengoptimalkan fungsi-fungsi manajemen berupa perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian serta melibatkan anggota organisasi dalam beberapa fungsi manajemen tersebut.

Kata kunci: Pengelolaan layanan, Madrasah Aliyah Walisongo Pecangaan Jepara, TQM.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Abstraksi tesis"